Jumat, Agustus 31, 2018

Pasang Behel dan Pertanyaan Benarkah Jelek Itu Menyakitkan?

Usia saya sudah di atas kepala tiga. Berapa buntutnya? Haha... gak usah diperjelas. Cukup buat gambaran sudah punya anak satu yang duduk di bangku kelas satu SD.

Di usia segini, baru kesampaian melakukan keputusan maha penting yang akan mengubah hidup saya, penampilan saya. ~Halah

Minggu, 25 Agustus lalu saya pasang behel. Pagar gigi yang berupa biji-biji brackets ditempel ke gigi dan dihubungkan dengan seutas kawat titanium. Haha.... Sebenarnya udah kepikiran beberapa tahun lalu gimana kalo dipasang behel ini gigi, biar bisa pede kayak orang-orang senyum lebar ala ala bintang iklan odol. Udah sering baca-baca how to-nya dan referensi dokter spesialis orthodental yang oke. Cuma belum berani untuk merealisasikannya, karena banyak hal.

~ Ribet
~ Lama makenya, kayaknya gak bakal tahan dan telaten. Apalagi tipikal orang kayak saya yang males-malesan dan kadang suka teledor
~ Malu
~ Mahal... Ini sih yang paling ngeri, hahaha. Karena biaya pemasangan behel cukup mahal. Dan itu kudu visit untuk kontrol secara teratur hingga beberapa tahun ke depan, tergantung berapa lama terapi pemasangan gigi dikawatin.

Sampai pada suatu momen, Kekey, putri kecil saya yang bawel gigi depannya otek-otek. Lama banget copotnya dan ngeluh sakit. Agak heran, karena sebelumnya udah dua kali ompong lepas dengan mudah. Tumbuhnya pun cepat. Gak pake drama minta dibantu otekin, nangis atau apalah. Pulang-pulang udah bawa bungkusan tisu isi gigi, haha... Pernah juga pas nganter ke sekolah copot begitu sampai dan kumur-kumur, selesai.

Papa alay jaman now itu, behelan!

Singkat cerita, pergi ke dokter gigi sekalian nganterin sepupu bini yang kontrol behelnya. Dokter gigi, usai diperiksa, malah dokternya menolak nyabut gigi Kekey. Kaget. Kata si Budok, gigi  atpenggantinya masih jauh didalam dan belum turun banget. Nggak usah dipaksakan, karena nanti dia akan mendorong gigi sendiri gigi susu tanpa diperintah. Lantas gigi anak-anak pun akan otek serta copot sendiri. Jika dipaksa copot, maka ompongnya akan lama dan hasilnya nanti, gigi yang tumbuh akan jelek. Oh... baru tahu. Salut juga sama dokter ini, nolak rejeki nyabut gigi. Jadilah Kekey batal copot gigi depan atasnya.

Ngobrol-ngobrol, lalu nanya soal gigi saya sendiri yang jelek. Gak berlapis atau awur-awuran kayak sarden di kaleng juga sih. Cuma dua gigi depan atas gede banget, satunya mencelat nongol. Sementara secara keseluruhan tonggos alias boneng. Hahaha... Iya jelek, kalo ketawa atau foto susah nyari sudut yang pas untuk menyamarkan si bentuk gigi yang menyakitkan ini. Sama dokternya diliat dan ngobrollah kemungkinan buat pasang behel, berapa lamanya... Kata dokter sih melihat secara umum, gak bakal lama karena giginya sudah rapi melengkung. Jadi gak bakal makan waktu kayak Halimah, sepupu bini yang udah pake behel sejak 2015 hingga sekarang. Kebayang, kan? Udah mau SD itu gigi kalo disekolahin.

Pulang-pulang, nanya ke Manda, boleh gak pasang behel. Jawabnya boleh aja, biar kamu cakepan dan pedean. "Tapi ribet lho, asal siap aja sama perawatannya."

Dan akhirnya fix, pasang behel. Apalagi sekarang kan full remote ngantornya. Jadi jarang ke luar. Begitulah, hingga udah hampir seminggu jadi cowok behelan daku. Bagaimana pengalamannya? Masih belum kerasa banget perjuangannya yang orang bilang ngilu, susah makan, bla bla bla...

Secara umum, karena tahap awal masih dipasangin behel untuk mengembalikan posisi gigi depan yang nongol sendiri dari barisan tadi. Jadi baru pasang bracket di gigi atas. Setelah ini selesai dokter akan melihat plan selanjutnya treatment yang tepat untuk membuatnya menjadi lebih rapi dan tidak lagi tonggos. Rekayasa-nya tetap dengan melepas dua gigi di belakang gigi taring, sehinggga nanti akan tersedia ruang bagi gigi untuk berbaris rapi. Gusi dan rahang yang kecil menjadi penyebab mengapa gigi maju ke depan kalo kata dokternya. Mereka akhirnya berdesakan dan cenderung condong ke depan karena sesak. Pencabutan gigi ini lazim buat orang yang pasang behel. Gigi bawah pun nanti kemungkinan begitu, agar simetris dengan yang di atas. Kemudian, empat gigi paling depan yang atas ini akan diikat oleh dokter dengan satu ikatan agar stabil dan "ngumpul". Belum kebayang gimana bentuknya.

Gimana, udah hampir sama gantengnya sama Abang sepupunya Kekey?

Lantas, gimana rasa dibehel? Ehm... Gak enak. Awalnya hari pertama biasa aja, cuma berasa mulut keganjel brackets. Hari kedua, baru gigi berasa ngilu. Khususnya gigi depan yang nongol tadi, karena efek ditarik ke bekalangnya udah berasa. Makan jadi kurang nikmat, karena kudu hati-hati. Lantas, sempat juga ujung kawat di sebelah kiri nusuk ke dinding mulut. Itu doang sih. Sekarang kalo makan ngunyahnya gak sampe halus, langsung glek. Sedih, takut juga badan kurus jadi makin kurus, hahaha... Makan yang harusnya menjadi proses menyenangkan, karena dinikmati level nikmatnya jadi berkurang.

Selebihnya, repot soal kebersihan. Abis makan maunya gosok gigi aja. Minimal kumur-kumur. Tapi ada baiknya, karena jadi aware sama kebersihan gigi.

Belum tau lagi nih, kontrol seharusnya Rabu lalu. Cuma karena janjian ama dokternya belum kesampaian, jadi ditunda hari Minggu besok.

Dan balik soal kepercayaan diri tadi. Sekarang kalo foto mingkem malah tambah hancur, foto senyum ya lumayan lah. Tonggosnya tersamarkan. Kemarin sesi foto-foto di Gelora Bung Karno saat ngeliat Asian Games. Penasaran hasil awal saat ane berbehel ria? ~siape lo, Tong!

Itu fotonya, yang di atas buat yang kepo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayuk-hayuk, kumen di sini biar saya tahu respon Anda di sajian ala kadar KecekAmbo, ukeh, ukeh... :-D

Bonusnya, ntar saya balik silaturahim, Insya Allah... ;-)