Kamis, Maret 24, 2011

Pelatihan Skenario ala BSP



Assalamua'alaikum....
Udah lama nggak posting di blog. Ehm, dari dua hari lalu udah niat buat nulis, tapi males banget ngetiknya. Penyakitku ya ini, selalu menunda-nunda untuk berkreativitas. Ada saran?

Pengen cerita, jadi begini sodara-sodara, kemarin, Minggu (20 Maret 2011)aku ikut "Pelatihan Menulis Skenario Paling Gila" di Bengkel Sastra Pamulang (BSP). Jauh amat dan aku niat amat yak! Dari dulu memang aku udah lama ingin mempelajari bagaimana membuat skenario itu. Kelihatannya asyik ya, membuat karakter lalu merekayasa para tokoh itu untuk berbuat semau kita penulis skenario, hehe... Dan konon, honor bikin skenario juga lebih gede daripada biin cerpen atau novel, xixixi... Ini juga bikin semangat.

Aku berangkat pagi-pagi dari rumah, Pasar Rebo. Lumayan susah buat nyari BSP yg ada di Pamulang sono... Apalagi aku belum pernah ke sana. Thanks buat teman kantorku, Caca yang kutelpon pagi-pagi buat nanya rute angkutan menuju sana. Secara dia orang Tangerang,tetangganya Pamulang :-D

BSP sendiri didirikan oleh Zaenal Radar T, ini penulis fiksi favoritku yg dulu suka nulis di Anita, Kawanku, Aneka Yess. Senang banget, dia juga ngasih materi selain Mas Imam Salimy (orang BSP juga). Mas Zaenal dan Imam ini sudah malang melintang bikin schript untuk teve. Antara lain Si Entong, Si Kriwil, Wara-Wiri, beberapa FTV, sampe acara masak Foodvaganza. Asyiknya, aku terharu dan senang banget nonton FTV Rahasia Cemara dan serial pertama Si Kriwil. Keren euy, Si Kriwil ceria, sementara Rahasia Cemara bikin haru.

Soal materi? Mantap. Mas Imam langsung tanpa ba-bi-bu ngasih tips dan trik bikin skenario. Mulai dari format, aturan-aturan, bikin karakter, sampai durasi. Mudah sekali dipahami, apalagi kita langsung disuruh praktik nulis scene lanjutan dari skenario Rahasia Cemara. Aku kayaknya nggak nemuin kesulitan, ahahaha... (Sombong yee!) Masih ada tugas, ke depan kita para alumni disuruh bikin skenario film pendek berdurasi 5-8 menit. Ehm, sebenarnya aku juga pengen bikin skenario FTV. Udah kebayang ceritanya.

Waduh, senangnya kalo bisa dijadiin sinetron. (Mulai ngebayangin nih, mengkhayal)
Okey, chayoo! Jangan males, zam. Go action...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayuk-hayuk, kumen di sini biar saya tahu respon Anda di sajian ala kadar KecekAmbo, ukeh, ukeh... :-D

Bonusnya, ntar saya balik silaturahim, Insya Allah... ;-)