tentang

Jumat, Maret 10, 2017

One Day One Note Challenges. Why Not?


Blogger Mungil, kebanyakan ibu-ibu 

Swear, ini nulis blog kok susah banget ya? Bingung harus menulis apa, ha-ha-ha....

Berulang kali keyboard ditekan, sebaris kalimat muncul. Control A plus delete! Rasanya garing banget, padahal tiap hari saya nulis kerjaannya di kantor.  Emang susah, nulis karena tuntutan kantong dengan tuntutan kesenangan belaka (yang harus dipaksakan mood-nya). 

Jadi apa yang mesti ditulis? Sebenarnya banyak perjalanan hidup, event, sekaligus traveling kecil-kecilan bin unyu bareng keluarga yang dilakukan. Tapi buat nulisnya itu, butuh effort lebih. Nanti lah saya akan tulis deh, satu per satu.  Pengen bikin one day one note challenges.

Ceritanya saya tertantang bikin challenge ketika ikut Blogger Gathering Sun Life Financial di Kota Kasablanka Mal, 18 Februari lalu. Ketemu Mbak Ainun Chomsum yang punya blog www.ainun.net. Doi jadi pembicara yang ngomongin banyak pengalamannya. 

Menurut Mbak Ainun, psikologi masyarakat Indonesia yang menjadi netizen tertarik pada 5 of content utama. Apa saja?

1. Drama
2. Komedi
3. Isu sosial
4. Kontroversi
5. Pornografi 

Saya berpikir, sepertinya harus mulai mengelola blog dengan serius. Udah kepikiran mau ganti domain sendiri. Biar keren, hahaha.... Tapi nggak kejadian dari dulu. Kalau dipikir-pikir, buat apa saya bikin blog? sebenarnya lebih kepada saya suka nulis (tapi kenapa blog lo jarang update, why? why?)

Well, saya punya alasan sendiri, kok. Saya tetap nulis di kantor, hahaha.... Produknya udah banyak di koran, website berita, dan lain-lain. Tapi menulis yang hobi ini yang males-malesan. Nulis blog kalo ada event dan diwajibkan nulis sebagai konsekuensi dapet goodie bag atau nonton premier.

Kembali ke konten yang paling menarik minat netizen buat dibaca tadi. Believe me, saya selama ini nggak pernah berpikir harus menargetkan traffic sekian, bikin google ads. Saya menulis sesuka saya, sesuai dengan hati dan pikiran. Lebih ke representasi isi kepala yang ringan-ringan, cerita sehari-hari dan kalau tertarik ikut lomba blog sesekali. 

Kalo dirangking, apa yang sebenarnya suka saya tulis di blog? Bukan apa yang disuka oleh netizen ya, itu terserah mereka. Kan saya yang pula blog, hahaha....

1. Fiksi dan seputar dunia perbukuan. 
Nah, kalau dilihat, ada rubrik blog saya yang memuat semua cerpen saya yang pernah dimuat. Juga review buku atau resensi. Saya mendokumentasikan beberapa buku yang pernah saya tulis juga di blog ini. 

2. Jalan-jalan,  
Mau bilang traveler, kayaknya masih jauh. Jarang ngetrip, belum pernah ke luar negeri juga. Prestasi jalan-jalan saya kemping-kemping sekitaran Jabodetabek bareng teman-teman. Paling prestisius sih waktu jadi Petualang Aku Cinta Indonesia (ACI) 2011 lalu. Kemudian nulis destinasi yang kita kunjungi gratis di kanal www.travel.detik.com. Lima belas hari cuy, saat si kecil waktu itu baru berusia empat bulan. Ini pengalaman sangat menyenangkan, lima belas hari jalan-jalan di Yogya dan Jawa tengah. Keluar masuk hotel, makan enak, naik mobil charteran (bukan mobil umum). "Maka nikmat mana lagi yang kau dustakan?"  Begitu Allah bilang soal nikmat buat manusia di Qur'an Surat Ar-Rahman. 

Nanti, saya akan tulis pengalaman jalan-jalan saya atu-atu. Biar lebih fokus!

3. Curcol
Apa itu curcol? Ya, remeh-temeh kehidupan di dunia fana ini. Nggak usah diperjelas. 

4. Politik
Ehm, ini tema yang menarik tapi bikin saya malas berinteraksi di media sosial. Bukan saya apolitik. Bukan. Makin ke sini, ritme politik dan pembicaraan politik masyarakat bikin eneg. Nggak jauh-jauh dari berantem, saling serang, nyindir dan puja-puji tokoh/pilihan politik yang cocok dengan yang bersangkutan. Maka, kalau dilihat, sekarang saya paling kalem membicarakan politik di Facebook. Sesuai anjuran istri juga sih, daripada mengeraskan hati. Kita nulis A, sebaik dan sesantun apapun tulisan kita, kalau ada yang nggak sepakat, di-bully lah kita. Didoakan bertobat, diancam neraka, disuruh peduli agama, bla bla bla...

Baiklah. Cukup sekian. Besok lah, saya cerita lagi. Nulis-nulis lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayuk-hayuk, kumen di sini biar saya tahu respon Anda di sajian ala kadar KecekAmbo, ukeh, ukeh... :-D

Bonusnya, ntar saya balik silaturahim, Insya Allah... ;-)